Berkenalan Dengan Jenis Kain Polyester

APA SIH JENIS KAIN POLYESTER ITU ?

Apa sih jenis bahan polyester
Bahan Polyester

Hello sobat Quin 😊 semoga selalu diberi lindungan-Nya

Disini akan mendalami apa sih jenis kain polyester itu ? yuk kita simak 😊

Kain Polyester adalah jenis kain yang dibuat dari proses senyawa kimia dengan campuran bahan organik yaitu polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi. Lalu , dicampur lagi dengan bahan katun.

Bahan polyester ini pertama kali ditemukan oleh ilmuwan yang bernama J.R Whinfield, J.T. Dickson, W.K. Birtwhistle, dan C.G. Ritchie pada tahun 1941 di Laboratorium W.H. Carothers. Bahan ini diperkenalkan ke publik USA di tahun 1951 , yang memiliki iklan 68 hari tanpa penyetrikaan.

Berkenalan Dengan Jenis Kain Polyester

Apakah kalian tahu , sebenarnya bahan polyester juga kebanyakan ada di baju yang kalian pakai lho. Sekarang kalian cek di hangtang , tag , baju kalian. Pasti ada campuran bahan polyester. Meskipun bahan ini dibuat oleh manusia , bukan berarti peminatnya sedikit. Akan tetapi , peminatnya banyak dikarenakan banyak toko-toko sekarang memakai bahan polyester sebagai campuran dalam pembuatan sebuah baju.

Jenis kain ini menggunakan bahan utama minyak bumi , sehingga sewaktu-waktu harga bisa melonjat tinggi. Jika ketersediaan minyak bumi di bumi semakin menipis. Perlu kalian ketahui juga , kain polyester ini juga merupakan masuk dalam kategori polusi mikroplastik terbesar.

KEGUNAAN KAIN POLYESTER

Jenis kain polyester biasanya digunakan dalam pembuatan pakaian yang sering kita kenakan sehari-hari , seperti , kaos , kemeja , dan lain-lain. Kain polyester jugadapat digunakan sebagai furniture , otomotic industry , dan peralatan rumah tangga.

Sebab , jenis kain ini terbilang awet dan anti jamur. Meski , mempunyai nilai daya serap yang rendah. Biasa digunakan pada seragam para atletik , lapisan body kapal laut , lapisan motor , dan mobil.

KELEBIHAN POLYESTER

  • Awet dan kebal terhadap jamur

Jenis kain ini sangat awet , jadi kalian tak perlu risau jika memakai dalam jangka waktu yang lama. Lalu , jenis kain ini juga kebal terhadap virus , bakteri , dan senyawa kimia lainnya.

  • Tidak cepat kusut

Jenis kain ini banyak diminati orang karena , walaupun dipakai berkali-kali. Pakaian jenis polyester tidak mudah kusut. Oleh karena itu , kebanyakan outlet baju sering menjual pakaian jenis bahan ini.

  • Proses pengeringan yang cepat

Jenis kain ini memiliki daya kering yang sangat cepat. Tak perlu dijemur dibawah sinar matahari yang panas. Kain ini cukup diangin-anginkan akan mengering. Jadi , bagi kalian yang tak sabaran memakai pakaian favorit kalian. Belilah pakaian yang mempunyai bahan polyester.

KEKURANGAN POLYESTER

  • Daya serap keringat yang rendah

Walaupun tidak cepat kusut , bahan polyester ini mempunyai daya serap keringat yang buruk. Maka dari itu , bahan polyester tidak direkomendasikan pada cuaca yang sangat panas.  Gunakan katun jika berpergian pada siang hari.

  • Bisa menimbulkan iritasi

Dikarenakan diproses melalui bahan kmia , bahan polyester ini dapat menimbulkan iritasi jika tidak terbiasa memakainya. Hal yang ditimbulkan seperti gatal-gatal , kulit menjadi merah , dan lain-lain. Segera periksa ke dokter jika gatal berkelanjutan ya guys 😊.

  • Mudah terbakar

Ingat ya , bahwa bahan kain ini mudah terbakar sehingga sebaiknya dijauhkan dari sumber api ataupun perkakas yang beraliran listrik karena akan menimbulkan korslet yang akan menimbulkan percikan api.

 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan