9 Tips Bagaimana Cara Merawat Bahan Cotton Combed Biar Tahan Lama

 

Pada artikel “tips merawat bahan polyester” , mari kita lanjut membahas tips merawat bahan cotton combed yang sering kita pakai dan menjadi favorit kita semua.

Cotton Combed adalah bahan pakaian yang sering di gunakan oleh produksi kaos pada umumnya. Dengan karakteristik yang lembut dan daya serap yang tinggi. Membuat pakaian berjenis cotton combed ini menjadi primadona di kalangan remaja maupun dewasa.

Berbeda dengan jenis bahan lainnya , perawatan pakaian berjenis cotton combed ini juga terbilang cukup sulit ( bagi orang awam ). Namun , jika anda merawat dengan benar , maka pakaian anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah ditumbuhi spora.

Berikut hal yang bisa anda lakukan dalam melakukan perawatan pakaian berjenis Cotton Combed :

  1. Jangan rendam terlalu lama

Bahan cotton combed ini memiliki sifat yang berbeda-beda. Jenisnya pun berbeda , perawatannya pun juga berbeda. Untuk jenis 20s dan 24s jangan rendam terlalu lama karena mengakibatkan pada warna sablon dan baju. Untuk 30s dan 40s cukup direndam 10 menit lalu dicuci di mesin cuci atau manual lebih disarankan.

2.Jangan campurkan warna putih dengan warna lainnya

pakaian warna putih
hasil jika tidak dicampur dengan pakaian lain

Jika pakaian cotton combed anda berwarna putih , sebaiknya anda cuci sendiri menggunakan tangan. Jika , menggunakan mesin cuci dan bercampur dengan warna lain maka , akan mengakibatkan kelunturan pada pakaian putih tersebut.

  1. Jangan di sikat

Untuk pakaian berjenis cotton combed tidak di anjurkan menyikatnya. Di karenakan dapat merusak sablon dan warna pakaian tersebut.

  1. Balikkan pakaian saat di jemur

Untuk pakaian kaos , kemeja , dan sebagainya yang berjenis cotton combed tidak di sarankan dijemur dalam keadaan posisi bagian luar terkena sinar matahari. Karena , dapat berakibat pada warna pakaian tersebut menjadi pudar.

  1. Cuci manual

Cuci manual artinya cucilah bahan berjenis cotton combed menggunakan tangan untuk menjaga tekstur pakaian tersebut. Jika menggunkan mesin cuci akan merusak pakaian tersebut.

  1. Setrika dengan setelan medium

Jika ingin karakteristik cotton combed tetap terjaga. Setelah kering , gunakanlah setrika untuk menghaluskan permukaannya. Ingat , gunakan setelan medium agar , tidak merusak pakaian.

  1. Ada noda langsung cuci

Ketika pakaian anda terkena noda yang sulit di bersihkan seperti , noda sambal , minyak , cat ataupun lainnya. Segera cuci dan bersihkan supaya , supaya tidak meninggalkan bekas-bekas yang dapat merubah tampilan pakaian tersebut.

8.Simpan pada suhu kering & bersih

Jika memiliki pakaian cotton combed , simpanlah pakain dengan baik dan benar. Simpan dalam ruangan yang kering dan terhindar dari tempat kotoran. Misal , simpan pada almari. Penyimpanan pakaian dalam tempat yang bersih dan suhu tertentu. Membuat pakaian lebih tahan lama dan tidak ditumbuhi spora.

 

Nah itu tadi 9 tips bagaimana cara merawat bahan cotton combed biar tahan lama. Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang bahan Cotton combed.

 

Baca Juga :

 

Terima kasih sudah membaca , Semoga bermanfaat…… 😊

Tinggalkan Balasan